Sunday, December 6, 2020

3 Tempat Belajar Bahasa Arab Online Gratis

 Assalamu'alaikum teman-teman, kali ini kita akan membahas dimana aja sih kita bisa belajar bahasa arab secara sistematis, teratur, terukur yang bisa dilakukan secara online bahkan ini gratis. Sehingga sudah tidak ada lagi hujjah kita untuk tidak belajar bahasa arab ini. 

Pada tulisan ini saya hanya akan menyebutkan lima tools saja yang bukan berarti hanya ada lima itu saja, mungkin ada yang lain yang belum saya sebutkan. Namun ke 5 tempat belajar ini yang akan saya ceritakan karena saya ada sedikit pengalaman di sana, dan sampai ada tulisan ini saya masih belajar di dalamnya....

1. BISA


sumber : http://www.bisa.id/

Langsung saja yang pertama adalah BISA, ini saya sebutkan pertama karena di sinilah saya belajar pertama bahasa arab. Di BISA ini kita dituntut serius dan istiqomah, karena setiap pekan, kita pasti dikasih waajibat atau bahasa lainnya adalah pr/tugas. Dan jika tidak mengerjakan satu kali saja maka langsung dikeluarkan atau didropout dari grup WhatsApp. Jadi walaupun gratis 100%  di sini tetap harus serius, karena kalau tidak mengerjakan tugas satu kali saja itu artinya sama saja tidak meluangkan waktu untuk belajar karena pada dasarnya tugas yg diberikan setiap pekannya itu.

Adapun tahap belajar di BISA ini dimulai dari belajar sharaf nama kelasnya adalah BISA di sini tugasnya setiap pekannya adalah hafalan dan tulisan, kemudian jika lulus di BISA ini kita bisa melanjutkan ke BINREG walaupun kita harus menunggu antrean... nah... sambil nunggu antrean di BINREG, kita bisa daftar untuk menjadi musyrif di BISA sambil mengulang pelajaran-pelajaran sharaf ataupun hafalan tashrif, kemudian setelah dapat giliran di BINREG ini, kita harus lebih extra lagi usahanya karena jangka waktunya atau pekanannya akan lebih lama daripada BISA... kalau di BISA sekitar 2 bulan, di BINREG ini kalau gk salah sekitar 4 bulan... Setelah lulus di BINREG, kita bisa nih daftar jadi musyrif di BINREG sambil menunggu antrean kelas berikutnya yakni "BINAR".

Di BINAR ini teman-teman akan mencoba berjuang membaca, menerjemahkan, dan memahami kitab yang berbahasa arab gundul "syarah al ajurumiyyah". untuk jangka waktunya saya belum tau karena pada saat mengetik ini alhamdulillah masih diberi kesempatan oleh Allah untuk masih bertahan belajar di BINAR. Jaahiduu

Sebenarnya selain kelas gratis online di BISA ini juga ada kelas premiumnya/kelas berbayarnya yakni untuk sharaf namanya Shaum dan untuk nahwu namanya BINUM... untuk mengetahui lebih lanjut teman-teman bisa coba buka web/ fb page/channel youtube yayasan bisa ataupun media sosial lainnya. 

2. SAIN


                                            sumber : www.facebook.com/sekolahislamonline

sedikit berbeda dengan BISA yang menuntaskan ilmu sharaf terlebih dahulu baru bisa melanjutkan ke ilmu nahwu... Di SAIN ini, teman-teman bisa belajar bersamaan ilmu sharaf dan nahwu dan jika ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya menurut saya tidak terlalu lama seperti di BISA. Walaupun saya pribadi merasa lebih mudah ketika belajar sharaf dulu baru kemudian nahwu.

Sistem belajarnya pun kurang lebih dengan BISA yakni audio yang dikirim di Grup WhatsApp, dan ada tugas setiap pekannya. Nah untuk di SAIN ini, kita diberi beberapa kali kesempatan tidak mengerjakan tugas namun jika tiga kali berturut turut atau 5 kali tidak berturut-turut maka juga akan dikeluarkan alias DO.

Adapun alur belajarnya adalah seperti gambar di bawah ini :


Di setiap tingkatan belajar di SAIN ini dibarengi dengan diktat yang diterbitkan oleh SAIN sendiri. 

Untuk tau lebih lanjut tentang SAIN (Sekolah Islam Online) ini teman-teman bisa search di page FB nya.

3. BASIS 


sumber : basis.web.id


Di sini, materi-materi akan diberikan sebanyak 2 kali seminggu berupa video dan pdf, dimana setiap materi tersebut setelahnya ada evaluasi berupa soal pilihan ganda yang sesuai dengan materi yang diberikan. materi-materi dishare di grup whatsapp, sedangkan evaluasi dikerjakan diweb punya BASIS. 

Di web nya ini selain untuk mengerjakan soal juga ada menampilkan peringkat berdasarkan kelas maupun seluruh angkatan sehingga mungkin ini akan memberikan kita motivasi untuk selalu berusaha mengupgrade nilai kita.

Alur belajarnya dengan sistem per mustawa, menurut informasi yang saya ingat ada 12 mustawa, dimana satu mustawa itu waktunya sekitar 1 bulan, dan setiap akhir mustawa ada ujian pilihan ganda juga. Untuk pendaftarannya, teman-teman bisa liat diwebnya langsung di http://basis.web.id/, atau bisa juga lliat di page facebooknya.

No comments:

Post a Comment

Basyar, Bani Adam, An-Nas, Insan dalam Al-Qur'an

Di dalam Al-Qur'an, manusia disebutkan dalam empat kata yang berbeda yakni Basyar, Bani Adam, An-Nas,dan Insan. Secara khusus keempat ka...