Monday, October 7, 2019

Tanya Jawab Bahasa Arab (Nahwu)

Bagaimana membedakan itu susunan mudhaf-mudhaf ilaih atau hanya menyerupai mudhaf-mudhaf ilaih (munada menyerupai mudhaf) ?

Syabih bil mudhaf

Isim yang menyerupai mudhaf adalah isim nakirah yang bersambung dengan kata yang menyempurnakan maknanya. Isim ini dinamakan  isim yang menyerupai mudhaf  karena memiliki kesamaan dengan mudhaf, yaitu sama-sama bersambung dengan kata yang menyempurnakan maknanya.

Isim ini hanya berbentuk isim musytaq yang bisa beramal, selain isim tersebut tidak bisa menjadi isim yang menyerupai mudhaf.

Adapun kata setelah isim ini ada dua macam:

1.Isim,
Ada yang manshub sebagai maf’ul bih, contoh
لَا ضَارِبًا زَيدًا حَاضِرٌ
Yang memukul Zaid tidak ada yang hadir

يَا طَالِعًا جَبَلًا
Wahai pendaki gunung!

Kata ( زَيدًا ) dan ( جَبَلًا ) sebagai maf’ul bih.

Ada yang marfu’ sebagai fa’il atau naibul fa’il, contoh:
لَا كَريمًا أَبُوهُ حَاضِرٌ
Yang ayahnya mulia tidak ada yang hadir

يَا مَضْرُوبًا وَجْهُهُ
Wahai yang dipukul wajahnya!

(أَبُو :
Marfu’ dengan wawu sebagai fa’il bagi syifah musyabbahah)

(وَجْهُ :
marfu’ dengan dhammah sebagai naibul fa’il bagi isim maf’ul)

2.Jar wa majrur,
Setelah isim tafdhil, contoh:
يَا أَفْضَلَ مِنْ زَيدٍ
Wahai yang lebih mulia dari Zaid!

يَا خَيرًا مِنْ زَيدٍ
Wahai yang lebih baik dari Zaid!

Setelah isim yang fi’ilnya menjadi muta’addi dengan bantuan huruf jar, contoh:
يَا رَاغِبًا فِي الْخَيرِ
Wahai yang mencintai kebaikan!

يَا رَاغِبًا عَنِ الْخَيرِ
Wahai yang membenci kebaikan!

Asal fi’ilnya رَغِبَ فِي artinya menyukai, رَغِبَ عَنْ artinya benci

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

1. Apakah kalimat negatif jumlah ismiyyah dan fi'liyyah dengan Laa Naafiyah (لا) hanya bisa digunakan di awal kalimat saja?
2. Di dalam kalimat negatif Laa Naafiyah  apakah harus memperhatikan unsur-unsur kaidah yang sudah kita pelajari seperti  mubtada khabar mudhaf mudhafun ilaih dsb?


✍ Jawaban Tim Muhadharah
1. Laa nafiyaah tidak mesti di awal kalimat.

2. Pada jumlah ismiyyah laa nafiyah memiliki kaidah seperti inna dan saudaranya,  manashabkan isim dan merafa'kan khobar.
Jadi setelah laa nafiyah namanya bukan mubtada khobar lagi tapi isim laa dan khabar laa.
Untuk mudhaf-mudhaf ilaih kaidahnya tetap

1. Jika jumlah ismiyyah dengan khabar ghairu mufrad/majemuk bisa kah dimasukkan kalimat istitsna atau kalimat negatif Laa Naafiyah

2. Fungsi ما dan لا sebagai Kalimat negatif apakah berbeda?


✍ Jawaban Tim Muhadharah

1. Bisa mba
2. Laa nafiyah digunakan untuk jumlah ismiyyah, dan untuk jumlah fi'liyah hanya bisa menafikan fi'il mudhari.
Adapun maa nafiyah digunakan untuk menafikan fi'il madhi

Apa perbedaan mendasar antara لا nahiyah dengan لا nafiyah?

✍ Jawaban Tim Muhadharah
Kalau ↓ :
-- Laa لا  nahiyah dia bermakna larangan (jangan),
-- Laa nahiyah dapat menjazmkan suatu fi'il,

sedangkan ↓ :
-- Laa لا nafiyah merupakan bentuk negatif (tidak)
-- laa nafiyah tidak menjazmkn suatu fiil.

Tanggapan Penanya
berarti kedua لا tersebut hanya masuk ke fi'il (tidak ada setelahnya isim)
ya shaikh?

✍ Jawaban Tim Muhadharah
Huruf لا

Untuk لا masuk ke fi’il sebagaimana juga masuk ke isim.

huruf لا yang masuk ke fi’il berupa:
a. Huruf nafi : Biasanya masuk ke fi’il mudhari’ dan memberi faidah penafian tanpa adanya pengaruh kepada i’rab fi’il setelahnya.

Contoh:

العِنَبُ لَا يَنْضَجُ فِي الشِّتَاءِ
Anggur tidak matang pada musim dingin.

الكَذِبُ لَا يُفِيدُ
Dusta tidak bermanfaat.

b. Huruf jazm (لا nahiyah) : Masuk ke fi’il mudhari’, memberi faidah larangan dan menjazmkan fi’il setelahnya.

Contoh:

{ لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى }
“Janganlah kalian mendekati shalat dalam keadaan mabuk” (An Nisa’: 43)

Adapun (( لا )) yang masuk ke isim adalah:
a. Huruf ‘athaf : Memberi faidah penafian hukum dari ma’thuf.

Contoh:

حَصَدْنَا القُمْحَ لَا الشَّعِيرَ
Kami memanen gandum bukan jelai.

b. Huruf nafi dari saudaranya inna (لا nafiyah lil jinsi): Masuk ke mubtada’ dan khabar dan beramal seperti amalnya inna dengan syarat isimnya nakirah dan bertemu langsung serta khabar dinafikan dari jenis isimnya.

Contoh:

لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ
Tidak ada sesembahan yang benar selain Allah.

لَا كِتَابَ يَخْلُوْ مِنْ فَائِدَةٍ
Tidak ada buku yang kosong dari faidah.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖


❷  Penanya : Fathur - Binreg 12.04
Tentang penggunaan كان syaikh, kenapa di al-Qur’an terkadang dipakai untuk mudzakkar dan muaannats juga?

(قَدْ كَانَ لَكُمْ آيَةٌ فِي فِئَتَيْنِ الْتَقَتَا ۖ فِئَةٌ تُقَاتِلُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَأُخْرَىٰ كَافِرَةٌ يَرَوْنَهُمْ مِثْلَيْهِمْ رَأْيَ الْعَيْنِ ۚ وَاللَّهُ يُؤَيِّدُ بِنَصْرِهِ مَنْ يَشَاءُ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَعِبْرَةً لِأُولِي الْأَبْصَارِ) [Surat Ali 'Imran 13]

(قَدْ كَانَتْ لَكُمْ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ فِي إِبْرَاهِيمَ وَالَّذِينَ مَعَهُ إِذْ قَالُوا لِقَوْمِهِمْ إِنَّا بُرَآءُ مِنْكُمْ وَمِمَّا تَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ كَفَرْنَا بِكُمْ وَبَدَا بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةُ وَالْبَغْضَاءُ أَبَدًا حَتَّىٰ تُؤْمِنُوا بِاللَّهِ وَحْدَهُ إِلَّا قَوْلَ إِبْرَاهِيمَ لِأَبِيهِ لَأَسْتَغْفِرَنَّ لَكَ وَمَا أَمْلِكُ لَكَ مِنَ اللَّهِ مِنْ شَيْءٍ ۖ رَبَّنَا عَلَيْكَ تَوَكَّلْنَا وَإِلَيْكَ أَنَبْنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ) [Surat Al-Mumtahanah 4]

كَانَ النَّاسُ أُمَّةً وَاحِدَةً فَبَعَثَ اللَّهُ النَّبِيِّينَ مُبَشِّرِينَ وَمُنْذِرِينَ وَأَنْزَلَ مَعَهُمُ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ لِيَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ فِيمَا اخْتَلَفُوا فِيهِ ۚ وَمَا اخْتَلَفَ فِيهِ إِلَّا الَّذِينَ أُوتُوهُ مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَتْهُمُ الْبَيِّنَاتُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ ۖ فَهَدَى اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا لِمَا اخْتَلَفُوا فِيهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِهِ ۗ وَاللَّهُ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ إِلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ) [Surat Al-Baqarah 213]

✍ Jawaban Tim Muhadharah
Setau ana, itu karena letak isim kaananya tidak berada langsung setelah kaana,
Simplenya karena mubtadanya muakhor

Tanggapan Penanya
Jika demikian, apakah bebas memakai كان ataupun كانت ?_

✍ Jawaban Tim Muhadharah
Kalau fi'il terpisah dengan fa'ilnya maka boleh pakai ta' ta'nits atau tidak. Yg utama pakai ta' ta'nits.
Ini ada di pembahasan nahwu lanjutan.

Sumber :  grup WA Muhadhoroh BINREG 12

No comments:

Post a Comment

Basyar, Bani Adam, An-Nas, Insan dalam Al-Qur'an

Di dalam Al-Qur'an, manusia disebutkan dalam empat kata yang berbeda yakni Basyar, Bani Adam, An-Nas,dan Insan. Secara khusus keempat ka...